Minggu, 07 April 2013

BAGAIMANA CARA MENGATASI SISWA YANG MALAS BELAJAR?



bagaimana mengatasi siswa yang malas belajarItulah sebuah pertanyaan yang saya sampaikan kepada para guru SDN Babakanlor 4 UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang. Sebagai Kepala Sekolah di sekolah tersebut saya sengaja saya memberikan pertanyaan tersebut tujuannya untuk mendapatkan masukan tentang bagaimana upaya guru dalam mengatasi para siswa yang mengalami permasalahan malas belajar.

Di bawah ini jawaban dari pertanyaan yang disampaikan oleh sebagian guru yang mau membantu dalam memecahkan permasalahan tersebut. Mengapa saya sampai berani membuat pertanyaan semacam itu kepada guru tidak langsung saja saya mencari informasi dari bahan bacaan, seperti buku atau internet? Saya mempunyai tujuan lain, yaitu ingin menggali potensi guru yang menurut saya sudah tersedia untuk dikembangkan.

1. Anak harus dibujuk dan dipanggil oleh guru lalu diberikan pengarahan dan bimbingan agar anak mau belajar, khususnya membaca dan berhitung (Calistung) di sekolah. Biar anak tidak malas lagi belajar. ( Djamah Suhasiah )

2. Cara mengatasi siswa yang malas belajar langkah pertama kita sebagai guru harus mengetahui latar belakang penyebab siswa tersebut malas belajar. Apabila dalam keluarga siswa tersebut kurang dukungan, maka kita meminta kepada keluarga untuk memberikan dukungannya. Dan apabila siswa tersebut belajar di sekolah kita beri motivasi atau bimbingan yang lebih supaya anak tersebut mau dan mempunyai semangat untuk belajar. ( Eros Rosita, S.Pd.I )

3. Dengan melalui pendekatan bermain, siswa dapat meningkatkan motivasi atau termotovasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Dari materi yang diajarkan dengan alat peraga yang sebenarnya bisa dimodifikasi. Contoh (1) Bola Voly dimodifikasi dengan bola plastik, balon atau bola karet, (2) Bola sepak dimodifikasi dengan bola plastik, bola karet dan lapangan diperkecil, dan (3) Lapangan voly bisa dibagi menjadi empat kotak atau lapangan diperkecil.( Asbahi, S.Pd.)

4. Cara mengatasi siswa yang malas belajar yaitu dengan melakukan pendekatan terhadap siswa dengan cara berkomunikasi sehingga siswa terbuka untuk menceritakan kegiatan sehari-hari khususnya dalam hal belajar. Biasanya siswa yang tidak berprestasi kebanyakan bermain dibandingkan dengan belajar, dan minimnya dorongan dari orang tua untuk belajar. ( Eneng Sopi Rohilah )

5. Cara mengatasi siswa yang malas belajar, pertama guru harus memiliki sifat sabar lalu mengetahui faktor apa yang dimiliki oleh siswa sehingga menimbulkan siswa malas belajar. Setelah diketahui tentang kemalasan siswa kemudian guru mengadakan uji coba terhadap siswa agar siswa tersebut peduli terhadap ajakan guru. Guru menjelaskan tentang keuntungan dan kerugian dari rajin belajar dan malas belajar. Bila dengan uji coba tidak berhasil, maka guru harus mengadakan bimbingan dengan cara kunjungan rumah, kelompok dan individu yang kontinyu.

- Dengan adanya kunjungan rumah guru akan lebih jelas mengetahui permasalahan siswa
- Dengan cara kelompok siswa akan termotivasi oleh siswa yang lainnya
- Dengan cara individu siswa lebih fokus terhadap guru. (Hj. Hajar )

6. Cara mengatasi siswa yang malas belajar menggunakan pendekatan:

a. Pendekatan guru dengan sabar membimbing siswa, baik waktu proses belajar mengajar maupun waktu ekstrakurikuler
b. Mengadakan belajar tambahan pada siang hari dengan bimbingan guru
c. Mencara tahu latar belakang situasi di rumah, keadaan orang tuanya
d. Memberikan motivasi dengan cara pemberian hadiah
e. Memanggil siswa itu diajak berbicara secara personal mengenai permasalahan yang mungkin dia hadapi, baik dengan teman maupun dengan keluarganya. (Yayah Sursiah, S.Pd. )



0 komentar:

Poskan Komentar