PROFESIONALISME GURU MENGHADAPI ERA GLOBALISASI
Oleh: Isma Tantawi
ismatantawi.blogspot.com/.../profesionalisme-guru-menghadapi-era.h...
I. Pendahuluan
Guru merupakan salah satu profesi dari sekian banyak profesi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Semakin maju suatu suku atau bangsa semakin banyak profesi yang berkembang, karena profesi lahir dari hasil perkembangan pemikiran masyarakat.
Profesi guru salah satu profesi yang agak berbeda dengan profesi lainnya. Guru tidak hanya dituntuk dapat menguasai satu bidang ilmu tertentu, tetapi lebih dari itu, yaitu guru harus mampu mentransper atau mengajarkannya kepada peserta didik dalam tingkatan tertentu, sesuai tuntutan kurikulum (SK, Standar Kompetensi dan KD, Kompetensi Dasar).
Kurikulum pendidikan nasional dirancang dan disusun oleh para pemikir di bidang pendidikan yang disesuaikan dengan falsafah negara Republik Indonesia, sehingga tercapai tujuan pendidikan nasional, yaitu menciptakan manusia seutuhnya dan diharapkan dapat ikut mengakses zaman era globalisasi.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, apa beberapa komponen yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional, sehingga guru dapat menjadi panutan, contoh, teladan, baik di depan kelas maupun di tengah-tengah masyarakat.
II. Kompetensi Kepribadian dan Sosial
Di Indonesia kita menggunakan istilah pendidikan bukan pengajaran. Hal ini memiliki perbedaan makna yang sangat jelas. Pengajaran hanya mengandung makna bagaimana mengajar peserta didik dari tidak tahu menjadi tahu dari bodoh menjadi pintar. Sedangkan pengajaran mengandung makna bahwa peserta didik dituntut bukan hanya dari tidak tahu menjadi tahu dari bodoh menjadi pintar, tetapi lebih dari itu, yaitu guru harus mampu merubah tingkah laku peserta didik dari tidak baik menjadi baik, sopan, bermoral, disiflin, tanggung jawab, dan sejenisnya.
Berdasrkan tuntutan di atas, maka seoarang guru dituntut memiliki kompetensi kepribadian dan sosial, minimal seperti berikut ini:
1. Kedisiplinan
2. Penampilan
3. Kesantunan berprilaku
4. Kemampuan bekerjasama
5. Kemampuan berkomunikasi
6. Komitmen
7. Keteladanan
8. Semangat
9. Empati
10. Tanggung jawab
Dengan menjiwai sepuluh komponen di atas, guru benar-benar akan dapat menjadi paporit bagi peserta didik, sehingga peserta didik menganggap guru sebagai seorang yang wajar dicontoh, ditiru, diteladani baik ucapannya maupun perbuatannya.
III. Kemampuan Profesional
Pada zaman dahulu seorang guru ditugasi untuk mengajar beberapa bidang studi, akibat kekurangan guru. Namun pada saat ini guru harus diberi tugas sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki, yang diperoleh melalui peringkat pendidikan tertentu. Bertujuan untuk dapat menyampaikan ilmu kepada peserta didik secara luas dan mendalam.
Guru yang profesional adalah guru yang dapat menjabarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam kurikulum ke berbagai model pembelajaran dengan mengidentifikasi Tujuan Intruksional Umum (TIU) atau Tujuan Pembelajaran Umum (TPU) dan Tujuan Intruksional khusus (TIK) atau Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK). Kemudian dilengkapi dengan motode dan media yang sesuai dengan SK dan KD, menyusun materi, dan evaluasi, semuanya tertuang di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Yang sering menjadi kenadala di lapangan, sebagian guru kurang mampu menyusun materi sesuai dengan tuntutan kurikulum. Apalagi saat ini perkembangan ilmu sangat pesat. Jadi, guru yang tidak aktif mengikuti perkembangan akan ketinggalan dengan guru-guru yang selalu memburu informasi baru.
Guru profesional adalah guru mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan tidak pernah merasa cukup dengan ilmu yang sudah dimiliki. Rajin membeli dan membaca buku, mengikuti seminar, pelatihan, diskusi, dan semua jenis kegitan ilmiah lainnya.
IV. Metode Mengajar
Seorang guru profesional tidak hanya dituntut mampu mnguasai materi, menjabarkan kurikulum, dan mencantumkan metode di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tetapi materi harus disajikan di depan kelas dengan bemacam-macam problema kepribadian.
Secara konvensional kegiatan pembelajaran dapat dibagi menjati tiga tahap:
1. Kegiatan awal
2. Kegiatan inti
3. kegiatan Akhir
Pelaksanaan kegiatan pertama, kedua, dan ketiga harus dilakukan secara sistematis, karena urutan ini telah disesuaikan dengan skema prilaku (kejiwaan) peserta didik. Mengikuti skema tersebut berarti kita mengikuti pola pikir yang ada pada pesrta didik.
Dalam kegiatan inti, seorang guru harus dapat menentukan metode yang sesuai dengan SK dan KD yang diajarkan dalam pertemuan tersebut. Namun harus semuanya berlangsung secara demokratis dan saling menghargai antara guru dangan peserta didik dan antar peserta didik sesuai dengan teori quantum, yang telah lama berkembang di negara-negara maju.
V. Media
Media adalah alat bantu untuk menyampaikan pesan. Guru (komunikator) akan mudah menjelaskan pesan (komunike) kepada peserta didik (komunikan. Oleh sebab itu, pembelajaran yang berhasil harus mengunakan media sesuai dengan pesan yang akan disampaikan kepada peserta didik. Sebagai contoh ada tiga macam media:
1. Audio
2. Vidio
3. Audio-Vidio
Ketiga media di atas akan dapat membantu guru untuk menjelaskan materi pembelajaran dan dapat pula membantu peserta didik menerima materi pembelajaran. Dan masih banyak media-media lain yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
VI. Kesimpulan
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan di atas, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan adalah sebagai berikut:
1. Guru adalah salah satu profesional yang sangat terhormat dan sekaligus sebagai amalan atau ibadah.
2. Guru harus memilki kompetensi kepribadian dan sosial.
3. Guru harus menguasai ilmu secara profesional dan mampu mentrannsper kepada peserta didik, dengan menggunakan metode dan media yang sesuai. Sehingga peserta didik dapat menerima pesan pembelajaran secara luas dan mendalam.
BAHAN BACAAN
Ali Maksum.2004.Paradigma Pendidikan Universal. IRCiSoD:Yogyakarta.
Choirul Mahfud. 2006. Pendidikan Mutikultural.Pustaka Pelajar:Yogyakarta.
C.Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Chalijah Hasan. 1994. Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan: AL-Ihlas:
Surabaya.
Depdiknas . 2006. Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK,SD,SMP,SMA,
SMK &SLB.Jakarta: BP Cipta Karya.
M.arifin.1994. Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara: Jakarta.
Munandar bSulaiman.1995. Ilmu sosial Dasar. Erisco: Bandung.
Muh Farozin, Kartika Nur Fathiyah. 2004. Pemahaman Tingkah Laku. Rineka
Cipta: Jakarta .
Mudhoffir.1995.Teknologi Instruksional. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Nana Sudjana. 1989. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Disekolah.
Sinar Baru: Bandung.
Sudarwan Danim. 2002. Inovasi Pendidikan :Dalam Upaya Meningkatkan Propesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Suharsimi Sarikunto. 1995. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara:
Jakarta .
Suyanto dan Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan
Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta : Adi Cita.
Tim Instruktur.2008. Pendidikan dan Latihan Profesional Guru. UNIMED: Medan.
Zakiyah Darodjat.1996. Metodologi Pengajaran Agama. BumiAksara: Jakarta.
PROFIL PENULIS
Drs. Isma Tantawi, M.A.
Lahir Pada Tanggal 07 Pebruari 1960
Di Kampung Mangang, Kecamatan Rikit Gaib
Kabupaten Gayo Lues Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
Tel: (061) 8225019 HP: 08126543562
FAX :061-8215956 E-mail:cempalagayo@gmail.com
Pendidikan
- SD Negeri Mangang, tahun 1973
- SMP Negeri Blangkejeren, tahun 1977
- SMA Negeri Kutacane, tahun 1980
- Sarjana Sastra USU, tahun 1985
- Masters of Art Universiti Sains Malaysia, tahun 2006
Pengalaman Pekerjaan
- Kepala SMA Dwitunggal Medan (1988-1990)
- Kepala SMA Berdikari Medan (1990-1991)
- Kepala STM Medan Area Medan (1991-2009)
- Kepala SMA Mayjend Sutoyo Medan (1994-2005)
- Kepala STM Mayjend Sutoyo Medan (1994-2005)
- Kepala SMP Mayjend Sutoyo Medan (2001-2005)
- Dosen Universitas Darmawangsa (2002-2009)
- Dosen Tamu Kolej Sentral Kuala Lumpur (2005-2009)
- Dosen Universitas Terbuka (2006-2009)
- Dosen Tetap Fakultas Sastra USU (1986-2009)
Hasil Karya
- Harapan dan Kenyataan Organisasi Gayo, Naskah Seminar, 1992
- Kumpulan Puisi “ Gayoku Sayang “ , 1994
- Pincipta Syair Kaset “ Kalam Janyi ”, 2000
- Asal-usul dan Karakter Suku Gayo, Naskah Seminar, 2000
- Budaya Politik Kita, Naskah Seminar, 2000
- Didong Gayo Lues: Yang Terlupakan dari Kaki Gunung Leuser, Naskah Seminar Internasional 2005
- Adat Perkawinan Suku Gayo Lues, Naskah Seminar Nasional, 2005
- Didong Gayo Lues: Satu Analisis Pemikiran Masyarakat Gayo, 2006
- Didong: Analisis Keindahan Bahasa dan Fungsi Sosial, Jurnal Ilmiah “Logat”, 2006
- Dialek dan Fungsi Bahasa Daerah di Aceh Tenggara, Naskah Seminar, 2007
- Orientasi dan Sejarah Suku Gayo, Naskah Seminar, 2008
- Pemikiran Islam Dalam Sastra Tradisi, Jurnal Ilmiah “Logat”, 2008
- Buah Pikiran Andrea Hirata dalam Novel Laskar Pelangi, 2008
- Buku Pilar-Pilar Kebudayaan Gayo Lues, Segera Beredar !
- Kumpulan Puisi “Persangrahan” Segara beredar!
Pelatihan
- Pelatiham Penelitian, USU, 1998
- Pelatihan Penulisan di Jurnal, USU,2000
- Peningkatan Manajemen Mutu, USU, 2001
- Peningkatan Manajemen Sekolah, Diknas, 2004
- Applied Approach (AA), USU, 2008
- Pelatihan Penyusunan Buku Bahan Ajar, 2009
Menulis Sepanjang Hayat
About Me

- Jajang Suhendi
- Seorang guru SD, 50 tahunan. Saat ini, bercita-cita pensiun dan berniat mengisi kesehariannya dengan menulis. Kontak 085883936196
Arsip Tulisan
-
▼
2012
(390)
-
▼
Agustus
(101)
- TIPS MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR
- CARA MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR
- MENULIS SEPERTI DONOR DARAH
- HIDUPKAN TRADISI MEMBACA DAN MENULIS
- MENUMBUHKAN GAIRAH MEMBACA DAN MENULIS
- MEMBACA DAN MENULIS
- Jadikan Media Tong Sampah Yang Menghasilkan
- FATIH: LEBAH YANG INGIN MEMBUKA ZAMAN
- MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU
- rhenald-kasali.blogspot.com/2012/06/mantra.html D...
- KEKUATAN KATA-KATA
- PENULIS HEBAT
- KEKUATAN HATI DAN PIKIRAN KE-1
- lifestyle.kompasiana.com/.../kekuatan-pena-dan-dah...
- JADI GURU YANG KREATIF DAN MENYENANGKAN ITU GAMPAN...
- Sumber: lifestyle.kompasiana.com/catatan/.../yuk-k...
- YUK MEMERDEKAKAN DIRI DENGAN MENULIS!
- Buku Menulis di Blog bisa bikin kaya .... Baca Sel...
- MENJADI KAYA DARI MENULIS BUKU
- GURU JUGA BISA'
- BAGAIMANAKAH CARANYA MENJADI GURU KAYA?
- BAGAIMANAKAH CARANYA MENJADI GURU KAYA?
- AYO PARA GURU, ANDA BISA MENJADI PENULIS KAYA
- 18 LANGKAH MENJADI GURU KAYA
- KARYA TULIS ILMIAH GURU, AKHMAD SUDRAJAT
- KAYA DENGAN (MENULIS) BUKU, MENGAPA TIDAK?
- RAHASIA MENJADI GURU KAYA
- Namun, untuk menembus penerbitan inilah yang susah...
- Mengapa Guru Harus Menulis
- Cara Mudah Menjadi Guru Penulis
- (Sebenarnya) Penulis Adalah Guru OPINI | 28 Septem...
- IRONIS, GURU PENULIS BUKU, ANGGAP MUTU BUKU PELAJA...
- MENJADI GURU PENULIS
- Mengikat Makna Update: Membaca dan Menulis yang Me...
- WAHAI GURU, MENULISLAH!
- SUATU KEHARUSAN MENGAPA GURU MENULIS
- YUK JADI GURU YANG KREATIF DAN PRODUKTIF
- MENJADI GURU PRODUTIF
- CARA GAMPANG MENJADI PENULIS PRODUKTIF DAN TERKENAL
- DILEMA GURU DI ERA GLOBALISASI
- MAU MENULIS DIARY? YUK BACA TULISAN INI!
- Dear Diary, Aku Kembali!
- JALAN SETAPAK Seorang Pejalan Sunyi di Jalan Setapak
- BUKU HARIAN NAYLA
- BERAWAL DARI TULISAN SEDERHANA, BUKU HARIAN
- BUKU HARIAN
- BUKAN PANJANGNYA SAYA MENULIS
- BELUM MAU TIDUR, YA MENULISLAH!
- UNTUK APA MENULIS?
- MENULIS BUKU HARIAN
- AKU MENULIS KARENA AKU MENCINTAIMU
- AKU MENULIS KARENA AKU MENCINTAIMU
- GURU DI ERA GLOBALISASI pgri-lebak.org › Artikel ...
- DILEMA GURU DI ERA GLOBALISASI padamara88.wordpre...
- GLOBALISASI DAN TUNTUTAN PENINGKATAN KUALITAS GURU...
- TANTANGAN PROFESI GURU DI ERA GLOBALISASI vhiviee...
- PROFESIONALISME GURU MENGHADAPI ERA GLOBALISASI Ol...
- CIRI GURU IDEAL ERA GLOBALISASI Oleh: Ahmad Makki...
- PERAN GURU DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISMENYA DI ...
- GURU DAN TANTANGAN DI ERA GLOBALISASI edukasi.kom...
- Guru dan Profesionalisme Pinggiran edukasi.kompas...
- SELAMAT DATANG GURU www.guruprofesional.org/ Guru...
- Profesionalisme Guru www.infoskripsi.com › Refere...
- Tentang Profesionalisme Guru akhmadsudrajat.wordp...
- 10 CIRI GURU PROFESIONAL gurukreatif.wordpress.com...
- PROFESIONALISME GURU www.alfurqon.or.id/component...
- MENULIS BAIK UNTUK KESEHATAN FISIK DAN MENTAL Apa...
- AKTIVITAS MENULIS SEBAGAI TERAPI PENYEMBUHAN DIRI ...
- 10 CONTOH BAHWA MENULIS ITU MUDAH rudicahyo.com/....
- MENULIS ITU MENYEHATKAN Wed, Dec 1, 2010maharoh ...
- MENULIS ITU MENYEHATKAN bahasa.kompasiana.com/201...
- MENULIS ITU MENYEHATKAN lifestyle.kompasiana.com...
- Guru Menulis Guru Berprestasi www.radarbanten.com...
- KIAT MENULIS BAGI GURU Oleh : Dra. Eko Hastuti, M...
- MANFAAT MENULIS BAGI GURU Oleh: Sukarto Pengarang ...
- Budaya Menulis di Kalangan Guru? komunitaspendidi...
- GURU DAN BUDAYA MENULIS Jevri Bolla,S.Pd.,M.Si* j...
- SEMANGAT DAN ANTUSIAS BUDAYA MENULIS CALON PEMIMPI...
- BUDAYA MENULIS DAN GURU PROFESIONAL edukasi.kompa...
- BUDAYA MENULIS DI KALANGAN GURU, CERMIN SEBUAH KEP...
- GURU HARUS BISA MENULIS visa29.blogspot.com/2012/...
- SEANDAINYA BANYAK GURU MENULIS BUKU https://wijay...
- Guru Dan Tantangannya Di Era Globalisasi edukasi....
- INOVASI PEMBELAJARAN OLEH GURU PROFESIONAL DALAM E...
- PERAN GURU DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME DI ERA...
- MASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA niandre7love...
- Revitalisasi Program Pembinaan kelas : beberapa al...
- HATI YANG SUCI & JERNIH Assalamualaikum warohmat...
- KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN (Jajang Suhendi, Cikedal...
- Mengikat makna dengan menulis dan membaca Posted o...
- Mengikat Makna Kalam Ilahi (4.3) Oleh: Hernowo BE...
- Mengikat Makna Update 2010 May 17 tags: blogger, b...
- “Mengikat Makna” March 4, 2008 at 9:38 am | Posted...
- Mengikat makna membaca dan menulis, tak terpisahka...
- Blog Entri 10 Prinsip dan Manfaat Mengikat Makna ...
- [Add to Favorite] Mengikat Makna Update: Memba...
- Menulis Dengan Hati dan Menulis Dengan Emosi, Adak...
- KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN (Jajang Suhendi, Cikedal...
- Menulis Dengan Hati dan Menulis Dengan Emosi, Adak...
- Menulis Dengan Hati Bersih dan Pikiran Jernih Dib...
-
▼
Agustus
(101)
Labels
- akses internet (5)
- alam terbuka (1)
- ambruk (1)
- anak (1)
- anak-anak. Peluang Agen (1)
- Artikel (457)
- asal banyak belajar (1)
- autosugesti (1)
- banyak membaca (2)
- Banyak uang (1)
- belajar (1)
- berhasil di RWP (1)
- berlatih (2)
- bisnis online (7)
- blog (1)
- buku (1)
- canggih (1)
- cara mengajar (1)
- cocok buat pemula (1)
- Daftar Nama (1)
- Dunia internet (1)
- era informasi (1)
- Fatih Zam (1)
- Fauzil Adzimdunia kata (1)
- fokus belajar (1)
- Fokus ke bisnis (1)
- Form Pemesanan (1)
- gambar siswa malas belajar (1)
- globalisasi (1)
- Gol A Gong (1)
- guru (4)
- guru dambaan (1)
- hasil optimal (2)
- Hernowo (1)
- hidup (1)
- Hubungi Saya (1)
- Ibarat air mengalir (1)
- Impian (2)
- internet (2)
- jatuh bangun (1)
- kata-kata positifn berjiwa positif. (1)
- kaum intelektual (3)
- kebahagiaan (1)
- kedisiplinan (1)
- kekayaan (2)
- kekuatan (1)
- kemaslahatan (1)
- kesadaran (1)
- kesuksesan (1)
- kesulitan (1)
- kompetensi (1)
- kondusif (1)
- kreativitas (1)
- lautan (1)
- MAKALAH (4)
- malas (2)
- manfaat (1)
- masalah (1)
- Membaca efektif (3)
- member Rahasia Website Pemula (3)
- membuat website (1)
- memperkenalkan diri (1)
- mendominasi (1)
- mengatasi anak malas belajar (1)
- mengikat makna update (1)
- menulis (2)
- menuntut diri (1)
- menyenangkan (1)
- online (1)
- orang gaptek (2)
- Order (2)
- order pertama deal (1)
- otomatis (1)
- Pak Davit (1)
- Pak Davit Saputra (1)
- Pak Davit Saputra. (3)
- pelajaran. karier (1)
- peluang (1)
- Pemula (4)
- pendidikan (2)
- peristiwa (1)
- pikiran bawah sadar (1)
- prestasi (2)
- profesional (1)
- Rahasia (3)
- rahasia website (1)
- RahasiaWebmaster.com (1)
- rahasiawebsitepemula (2)
- RahasiaWebsitePemula.com (1)
- RWP (8)
- satu kata' (1)
- sedikit uang (1)
- Sepatu Murah (1)
- SepatuBogor.com | Grosir Sepatu Murah - SepatuBogor.com adalah Grosir Sandal (1)
- simak penjelasan (3)
- STRUKTUR (1)
- tatacara order (1)
- tentang saya (1)
- tips belajar (1)
- untuk Wanita (1)
- usaha cetakan (1)
- usaha serius (1)
- visualisasi (1)
- webmaster (2)
- Website (6)
About
Blogger templates
Diberdayakan oleh Blogger.
Popular Posts
-
Saya ngobrol dengan para guru di SDN Babakanlor 4 UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang pada saat istirahat per...
-
Sumber: 40bmadie.blogspot.com/2012/.../tujuan-pendidikankarakter-adalah.htm... Tujuan pendidikan karakter adalah : 1. Mengembangkan ...
-
TANTANGAN PROFESI GURU DI ERA GLOBALISASI vhivieeladawea.blogspot.com/.../tantangan-profesi-guru-di-era.html BAB I PENDAHULUAN Dari s...
-
Banyak berdzikir sampai menimbulkan bekas di dalam hati dan berdampak praktis di dalam kehidupan sehari-hari. La...
-
MANFAAT MENULIS BAGI GURU Oleh: Sukarto Pengarang : Cepi Triatna edukasi.kompasiana.com/2010/12/.../menggugah-guru-gemar-menul... Manfa...
Pengikut
Copyright (c) 2010 GURU PENULIS and Powered by Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar