Revitalisasi Program Pembinaan kelas : beberapa alternatif pemikiran dan kegiatan
28/02/2012 Leave a comment Go to comments
Oleh Wasis Samekto S.Sos
Guru SMP-SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang
Kelas di dalam konteks struktur pengelolaan pendidikan memiliki fungsi diantaranya sebagai sarana klasifikasi, identifikasi dan treatment pembelajaran bagi guru bidang studi untuk efektifitas pencapaian tujuan-tujuan pembelajaran. Akan Tetapi Fungsi struktural pemenuhan tujuan-tujuan akademis ini sesungguhnya di bangun dari fungsi kultural kelas yang sayangnya tidak terlalu banyak dilihat oleh pengelola pendidikan, bahwa kelas sesungguhnya adalah sebuah kesatuan sosial yang memiliki peran yang sangat penting dalam pencapaian tujuan-tujuan dan target satuan pendidikan, bahkan menjadi dasar bagi tercapainya tujuan-tujuan tersebut.
Sebagai pengelola pendidikan ( guru ), kita memahami sekolah adalah salah satu agen sosialisasi terpenting dalam pembentukan kepribadian siswa, di dalam lingkup sekolah bahkan kita bisa memahami bahwa terdapat penemuan kembali peran figur ayah dan ibu yang ideal melalui optimalisasi peran-peran guru sebagai sosok motivator, fasilitator, konselor, problem solver.
Di dalam sekolah terdapat ruang-ruang pemenuhan pengetahuan dan wawasan melalui media cetak dan tulis yang di arahkan secara positif, dan siswa mendapatkan peran, nilai dan norma yang optimal melalui kedekatan-kedekatan bersama teman-teman sebaya mereka, terutama di kelas.
Mengingat pentingnya fungsi dan kedudukan satuan sosial kelas tersebut, maka pelaksanaan program pembinaan kelas yang dapat menjadi bahan pemikiran kita bersama adalah sebagai berikut :
1. Program Pembinaan kerukunan sosial kelas
Pembinaan kerukunan sosial kelas akan mampu menyalurkan energi siswa, meminimalisir potensi-potensi konflik antar siswa yang mungkin terjadi karena faktor perbedaan-perbedaan budaya, kebiasaan, suku bangsa atau pun keyakinan. Pada gilirannya potensi tersebut dapat disinergisasikan dan diarahkan pada pencapaian tujuan-tujuan pendidikan. Program ini dapat diimplementasikan dalam bentuk penyusunan target soliditas kelas dan sinergisasi kelas yang terangkum dalam tiga kalimat sederhana : Siswa saling mengenal, Siswa saling memahami satu sama lain, Siswa saling menanggung dan menolong. Guru kemudian menyusun kesepakatan bersama berupa Aturan-aturan kelas, etika kelas, sistem punishment dan reward yang akan diterapkan dari, bagi dan untuk siswa. Kegiatan harian yang dapat di lakukan diantaranya : Penerapan tiga kata dalam setiap interaksi dikelas : terimakasih, mohon maaf dan minta tolong. Penerapan 5S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Sedangkan Kegiatan mingguan dapat berupa : reward siswa berprestasi di kelas, kegiatan super camp pelajaran di kelas, Silaturahim siswa ke rumah guru, atau kerumah siswa yang lain. Adapun kegiatan bulanan diantaranya : Mempersaudarakan kelas dengan cara membagi kelas menjadi beberapa kelompok dengan target dan tujuan pengenalan, pemahaman dan saling menolong yang akan dievaluasi dalam waktu satu bulan, Dan Kegiatan tengah semester dapat berbentuk : Pembelajaran kelas di alam bebas melalui kegiatan hiking kelas ( pendakian bukit dan gunung), kegiatan homestay dan bakti sosial kelas.
2. Program pembinaan akademis kelas
Program pembinaan akademis siswa dilakukan secara simultan bersama dengan program kerukunan sosial diatas. Adapun target program ini pada umumnya terkait dengan peningkatan prestasi akademis ( nilai) bidang studi siswa. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut : Penyusunan secara mandiri oleh siswa kumpulan-kumpulan soal-soal seluruh pelajaran bidang studi, kegiatan supercamp soal sabtu malam minggu dimana seluruh siswa kelas mendapatkan bimbingan intensif pelajaran dan pembinaan ruhani dari wali kelas atau guru bidang studi, pelatihan learning how to learn ( pembekalan teknik belajar efektif), pemberian penghargaan siswa berprestasi akademis, klinik belajar khusus untuk siswa-siswa yang membutuhkan bimbingan khusus belajar, Pembentukan peer teaching kelas dengan membagi kelas menjadi kelompok-kelompok belajar yang dikoordinasikan oleh siswa yang telah menguasai pelajaran tertentu.
3. Program Pembinaan Pembentukan karakter .
Program pembinaan pembentukan karakter dengan kesepakatan karakter/kebiasaan positif apa saja yang akandibentuk dalam frame waktu tertentu ( bulanan, tengah semester, semester, tahunan), Misalkan fokus kita adalah pembiasaan kejujuran, maka diperlukan sosialisasi dan pemberian pemahaman, urgensi dan manfaat kejujuran dalam kehidupan. Kemudian dipastikan masing-masing siswa memiliki target untuk berusaha jujur dalam setiap aktivitasnya selama satu pekan dan akan di evaluasi secara berkala oleh siswa yang bersangkutan sebagai sarana mandiri self evaluating dan secara kolektif wali kelas mendiskusikan hasil masing-masing siswa tanpa menekankan kepada hasil tetapi kepada proses, pemberian reward dilakukan secara kolektif sebagai sebuah keberhasilan kelas, jika ada evaluasi kepada siswa juga didasarkan kepada proses ( usaha) yang telah dilakukan, tidak hanya dari sisi hasil. Jika ini dilakukan maka siswa akan termotivasi secara mandiri untuk dapat memiliki target-target perilaku positif yang akan dikembangkannya setiap pekan. Dengan pelaksanaan program pembinaan kelas seperti di atas, maka diharapkan potensi-potensi konflik, penanaman peran, nilai dan norma yang negatif hasil dari interaksi teman sebaya yang kerap terjadi di kelas dapat diminimalisir, energi siswa dapat diarahkan dan disinergisasi dalam hal-hal yang positif, pada akhirnya tujuan pendidikan pembentukan kepribadian siswa dapat direalisasikan secara terukur, sistematis dan optimal.
Menulis Sepanjang Hayat
About Me

- Jajang Suhendi
- Seorang guru SD, 50 tahunan. Saat ini, bercita-cita pensiun dan berniat mengisi kesehariannya dengan menulis. Kontak 085883936196
Arsip Tulisan
-
▼
2012
(390)
-
▼
Agustus
(101)
- TIPS MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR
- CARA MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR
- MENULIS SEPERTI DONOR DARAH
- HIDUPKAN TRADISI MEMBACA DAN MENULIS
- MENUMBUHKAN GAIRAH MEMBACA DAN MENULIS
- MEMBACA DAN MENULIS
- Jadikan Media Tong Sampah Yang Menghasilkan
- FATIH: LEBAH YANG INGIN MEMBUKA ZAMAN
- MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU
- rhenald-kasali.blogspot.com/2012/06/mantra.html D...
- KEKUATAN KATA-KATA
- PENULIS HEBAT
- KEKUATAN HATI DAN PIKIRAN KE-1
- lifestyle.kompasiana.com/.../kekuatan-pena-dan-dah...
- JADI GURU YANG KREATIF DAN MENYENANGKAN ITU GAMPAN...
- Sumber: lifestyle.kompasiana.com/catatan/.../yuk-k...
- YUK MEMERDEKAKAN DIRI DENGAN MENULIS!
- Buku Menulis di Blog bisa bikin kaya .... Baca Sel...
- MENJADI KAYA DARI MENULIS BUKU
- GURU JUGA BISA'
- BAGAIMANAKAH CARANYA MENJADI GURU KAYA?
- BAGAIMANAKAH CARANYA MENJADI GURU KAYA?
- AYO PARA GURU, ANDA BISA MENJADI PENULIS KAYA
- 18 LANGKAH MENJADI GURU KAYA
- KARYA TULIS ILMIAH GURU, AKHMAD SUDRAJAT
- KAYA DENGAN (MENULIS) BUKU, MENGAPA TIDAK?
- RAHASIA MENJADI GURU KAYA
- Namun, untuk menembus penerbitan inilah yang susah...
- Mengapa Guru Harus Menulis
- Cara Mudah Menjadi Guru Penulis
- (Sebenarnya) Penulis Adalah Guru OPINI | 28 Septem...
- IRONIS, GURU PENULIS BUKU, ANGGAP MUTU BUKU PELAJA...
- MENJADI GURU PENULIS
- Mengikat Makna Update: Membaca dan Menulis yang Me...
- WAHAI GURU, MENULISLAH!
- SUATU KEHARUSAN MENGAPA GURU MENULIS
- YUK JADI GURU YANG KREATIF DAN PRODUKTIF
- MENJADI GURU PRODUTIF
- CARA GAMPANG MENJADI PENULIS PRODUKTIF DAN TERKENAL
- DILEMA GURU DI ERA GLOBALISASI
- MAU MENULIS DIARY? YUK BACA TULISAN INI!
- Dear Diary, Aku Kembali!
- JALAN SETAPAK Seorang Pejalan Sunyi di Jalan Setapak
- BUKU HARIAN NAYLA
- BERAWAL DARI TULISAN SEDERHANA, BUKU HARIAN
- BUKU HARIAN
- BUKAN PANJANGNYA SAYA MENULIS
- BELUM MAU TIDUR, YA MENULISLAH!
- UNTUK APA MENULIS?
- MENULIS BUKU HARIAN
- AKU MENULIS KARENA AKU MENCINTAIMU
- AKU MENULIS KARENA AKU MENCINTAIMU
- GURU DI ERA GLOBALISASI pgri-lebak.org › Artikel ...
- DILEMA GURU DI ERA GLOBALISASI padamara88.wordpre...
- GLOBALISASI DAN TUNTUTAN PENINGKATAN KUALITAS GURU...
- TANTANGAN PROFESI GURU DI ERA GLOBALISASI vhiviee...
- PROFESIONALISME GURU MENGHADAPI ERA GLOBALISASI Ol...
- CIRI GURU IDEAL ERA GLOBALISASI Oleh: Ahmad Makki...
- PERAN GURU DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISMENYA DI ...
- GURU DAN TANTANGAN DI ERA GLOBALISASI edukasi.kom...
- Guru dan Profesionalisme Pinggiran edukasi.kompas...
- SELAMAT DATANG GURU www.guruprofesional.org/ Guru...
- Profesionalisme Guru www.infoskripsi.com › Refere...
- Tentang Profesionalisme Guru akhmadsudrajat.wordp...
- 10 CIRI GURU PROFESIONAL gurukreatif.wordpress.com...
- PROFESIONALISME GURU www.alfurqon.or.id/component...
- MENULIS BAIK UNTUK KESEHATAN FISIK DAN MENTAL Apa...
- AKTIVITAS MENULIS SEBAGAI TERAPI PENYEMBUHAN DIRI ...
- 10 CONTOH BAHWA MENULIS ITU MUDAH rudicahyo.com/....
- MENULIS ITU MENYEHATKAN Wed, Dec 1, 2010maharoh ...
- MENULIS ITU MENYEHATKAN bahasa.kompasiana.com/201...
- MENULIS ITU MENYEHATKAN lifestyle.kompasiana.com...
- Guru Menulis Guru Berprestasi www.radarbanten.com...
- KIAT MENULIS BAGI GURU Oleh : Dra. Eko Hastuti, M...
- MANFAAT MENULIS BAGI GURU Oleh: Sukarto Pengarang ...
- Budaya Menulis di Kalangan Guru? komunitaspendidi...
- GURU DAN BUDAYA MENULIS Jevri Bolla,S.Pd.,M.Si* j...
- SEMANGAT DAN ANTUSIAS BUDAYA MENULIS CALON PEMIMPI...
- BUDAYA MENULIS DAN GURU PROFESIONAL edukasi.kompa...
- BUDAYA MENULIS DI KALANGAN GURU, CERMIN SEBUAH KEP...
- GURU HARUS BISA MENULIS visa29.blogspot.com/2012/...
- SEANDAINYA BANYAK GURU MENULIS BUKU https://wijay...
- Guru Dan Tantangannya Di Era Globalisasi edukasi....
- INOVASI PEMBELAJARAN OLEH GURU PROFESIONAL DALAM E...
- PERAN GURU DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME DI ERA...
- MASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA niandre7love...
- Revitalisasi Program Pembinaan kelas : beberapa al...
- HATI YANG SUCI & JERNIH Assalamualaikum warohmat...
- KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN (Jajang Suhendi, Cikedal...
- Mengikat makna dengan menulis dan membaca Posted o...
- Mengikat Makna Kalam Ilahi (4.3) Oleh: Hernowo BE...
- Mengikat Makna Update 2010 May 17 tags: blogger, b...
- “Mengikat Makna” March 4, 2008 at 9:38 am | Posted...
- Mengikat makna membaca dan menulis, tak terpisahka...
- Blog Entri 10 Prinsip dan Manfaat Mengikat Makna ...
- [Add to Favorite] Mengikat Makna Update: Memba...
- Menulis Dengan Hati dan Menulis Dengan Emosi, Adak...
- KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN (Jajang Suhendi, Cikedal...
- Menulis Dengan Hati dan Menulis Dengan Emosi, Adak...
- Menulis Dengan Hati Bersih dan Pikiran Jernih Dib...
-
▼
Agustus
(101)
Labels
- akses internet (5)
- alam terbuka (1)
- ambruk (1)
- anak (1)
- anak-anak. Peluang Agen (1)
- Artikel (457)
- asal banyak belajar (1)
- autosugesti (1)
- banyak membaca (2)
- Banyak uang (1)
- belajar (1)
- berhasil di RWP (1)
- berlatih (2)
- bisnis online (7)
- blog (1)
- buku (1)
- canggih (1)
- cara mengajar (1)
- cocok buat pemula (1)
- Daftar Nama (1)
- Dunia internet (1)
- era informasi (1)
- Fatih Zam (1)
- Fauzil Adzimdunia kata (1)
- fokus belajar (1)
- Fokus ke bisnis (1)
- Form Pemesanan (1)
- gambar siswa malas belajar (1)
- globalisasi (1)
- Gol A Gong (1)
- guru (4)
- guru dambaan (1)
- hasil optimal (2)
- Hernowo (1)
- hidup (1)
- Hubungi Saya (1)
- Ibarat air mengalir (1)
- Impian (2)
- internet (2)
- jatuh bangun (1)
- kata-kata positifn berjiwa positif. (1)
- kaum intelektual (3)
- kebahagiaan (1)
- kedisiplinan (1)
- kekayaan (2)
- kekuatan (1)
- kemaslahatan (1)
- kesadaran (1)
- kesuksesan (1)
- kesulitan (1)
- kompetensi (1)
- kondusif (1)
- kreativitas (1)
- lautan (1)
- MAKALAH (4)
- malas (2)
- manfaat (1)
- masalah (1)
- Membaca efektif (3)
- member Rahasia Website Pemula (3)
- membuat website (1)
- memperkenalkan diri (1)
- mendominasi (1)
- mengatasi anak malas belajar (1)
- mengikat makna update (1)
- menulis (2)
- menuntut diri (1)
- menyenangkan (1)
- online (1)
- orang gaptek (2)
- Order (2)
- order pertama deal (1)
- otomatis (1)
- Pak Davit (1)
- Pak Davit Saputra (1)
- Pak Davit Saputra. (3)
- pelajaran. karier (1)
- peluang (1)
- Pemula (4)
- pendidikan (2)
- peristiwa (1)
- pikiran bawah sadar (1)
- prestasi (2)
- profesional (1)
- Rahasia (3)
- rahasia website (1)
- RahasiaWebmaster.com (1)
- rahasiawebsitepemula (2)
- RahasiaWebsitePemula.com (1)
- RWP (8)
- satu kata' (1)
- sedikit uang (1)
- Sepatu Murah (1)
- SepatuBogor.com | Grosir Sepatu Murah - SepatuBogor.com adalah Grosir Sandal (1)
- simak penjelasan (3)
- STRUKTUR (1)
- tatacara order (1)
- tentang saya (1)
- tips belajar (1)
- untuk Wanita (1)
- usaha cetakan (1)
- usaha serius (1)
- visualisasi (1)
- webmaster (2)
- Website (6)
About
Blogger templates
Diberdayakan oleh Blogger.
Popular Posts
-
Saya ngobrol dengan para guru di SDN Babakanlor 4 UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang pada saat istirahat per...
-
Sumber: 40bmadie.blogspot.com/2012/.../tujuan-pendidikankarakter-adalah.htm... Tujuan pendidikan karakter adalah : 1. Mengembangkan ...
-
TANTANGAN PROFESI GURU DI ERA GLOBALISASI vhivieeladawea.blogspot.com/.../tantangan-profesi-guru-di-era.html BAB I PENDAHULUAN Dari s...
-
Banyak berdzikir sampai menimbulkan bekas di dalam hati dan berdampak praktis di dalam kehidupan sehari-hari. La...
-
MANFAAT MENULIS BAGI GURU Oleh: Sukarto Pengarang : Cepi Triatna edukasi.kompasiana.com/2010/12/.../menggugah-guru-gemar-menul... Manfa...
Pengikut
Copyright (c) 2010 GURU PENULIS and Powered by Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar