Sabtu, 13 Oktober 2012

GURU HARUS MENULIS


Oleh: Jajang Suhendi
(Cikedal-Pandeglang-asal Sumedang)


Semakin majunya dunia pendidikan menuntut kemampuan guru di segala bidang. Kemajuan bidang ilmu dan teknologi akan menjadi salah satu peluang guru untuk meningkatkan kemampuannya. Apabila tidak dilakukannya, maka akan timbul ketertinggalan oleh siswa atau mahasiswa yang rajin dan mampu menguasai bidang ilmu dan teknologi tersebut. Banyak tuntutan pengembangan kualitas guru secara nasional maupun tuntutan global. Guru dituntut untuk lebih fokus pada perkembangan yang semakin cepat ini. Tanpa perhatian pada perkembangan di era globalisasi ini, guru akan jauh ketinggalan oleh siswa yang berperan aktif.


Persiapan mengajar pada waktu malam yang dilakukan guru pada saat ini kurang berlaku. Seharusnya guru mempersiapkan diri sebelum mengajar dengan banyak belajar dan berlatih setiap saat. Apalagi persiapan penguasaan materi pembelajaran yang didapatkan dari banyak sumber. Bukan sumber buku paket yang terbatas itu. Tetapi persiapan materi yang dipelajari dari sumber internet misalnya. Sumber-sumber untuk materi pembelajaran selain diambil dari media cetak harus ditambah dengan sumber dari media elektronik.


Patokan guru mempersiapkan diri sebelum mengajar dengan mempelajari hanya satu atau dua buku paaket sudah tidak berlaku lagi. Semakin berkembangnya dunia internet, guru dituntut untuk menguasai keterampilan di bidang internet tersebut. Guru profeional tidak buta akan media internet. Sedangkan guru yang belum mampu menggunakan media internet harus menguasai dulu media tersebut. Bila tidak? Ya, sebagaimana saya katakan, mereka akan jauh tertinggal oleh siswa atau orang-orang yang pernah dididiknya. Itu merupakan tuntutan yang tidak bias dianggap sepele.


Sementara itu, terkait dengan Peraturan Menteri PAN & RB No. 16 Tahun 2009, tentang persyaratan kenaikan pangkat guru yang mengharuskan guru harus lebih banyak menulis, ia berpendapat, para pendidik sudah saatnya menuangkan hasil pikirannya melalui tulisan, baik dalam bentuk karya ilmiah maupun kajian-kajian populer. Guru harus menulis. Peraturan itu akan berlaku mulai tahun 2013 mendatang. Untuk kenaikan pangkat dari golongan IIIB ke IIIC, sudah harus melengkapi syarat dengan Karya Ilmiah. Ini tantanagan buat guru.


Sebagai bahan latihan guru menulis adalah komputer,laptop, notebook dan buku tulis. Apabila guru belum punya media elektronik, banyak cara sebenarnya tergantung semangat dan kesungguhan dari dalam dirinya. Warnet sangat penting kita datangi. Akrabi dia dengan pendekatan belajar dan berlatih. Saya tidak merasa malu untuk sering datang ke warnet sekedar untuk mencari tahu tentang ilmu pengetahuan dan keterampilan. Untuk mengindahkan peraturan tersebut, maka kita sebagai guru harus mengembangkan potensi yang didukung media internet. Media tersebut tidak hanya menyangkut ilmu pengetahuan dan teknologi secara nasional saja. Tetapi media tersebut membahas berbagaihal secara mendunia.

0 komentar:

Posting Komentar