Kamis, 06 Desember 2012

APAKAH MEMBACA BAGI GURU ITU PENTING?

Oleh: Jajang Suhendi

Apabila ada orang menganggap membaca bagi guru itu tidak penting harus kita perhatikan tingkat pendidikannya, pengalaman dalam hal membaca, egoisme yang kuat atau apa saja yang menjadi kecenderungannya dalam kehidupan orang tersebut. Seandainya orang tersebut tingkat pendidikannya tinggi sampai sarjana misalnya, berarti tingkat pengertian terhadap membaca sangat kurang sekali.


Untuk memahami akan materi membaca, kita harus memulainya dari niat bahwa membaca itu keharusan agar kita menjadi orang yang paham akan ilmu kemudian dalam pelaksanaannya tepat sasaran. Asalkan buku-buku yang kita bacanya adalah buku-buku tentang ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap atau karakteristik terpuji. Ada beberapa aspek yang kita kembangkan untuk menjadikan diri kita berkepribadian utuh. Dikembangkan lewat kegiatan membaca.


Sebagai manusia, mempunyai kelengkapan otak, hati dan anggota badan. Oleh karena itu kita kembangkan dengan membaca secara efektif dan efisien. Membaca efektif maksudnya, membaca yang menggunakan tenaga pikiran hemat tanpa banyak yang dikeluarkannya tetapi hasilnya banyak. Mengapa bisa banyak materi membaca yang kita dapatkan? Jawabnya mudah, karena menggunakan metode membaca yang tepat. Membaca efisisien maksudnya, membaca yang menghasilkan uang. Sebagai aplikasi dari membaca dengan berbicara atau menuliskannya.

(Bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar