Kamis, 06 Desember 2012

MANFATKAN FB DAN BLOG SECARA PRODUKTIF

Oleh: Jajang Suhendi

Penulis adalah pemerhati artikel internet tinggal di Cikedal Kabupaten Pandeglang Banten berasal dari Ganeas Kecamatan Ganeas Sumedang

Aku belum lama memiliki fb dan setelah memilikinya aku mau memiliki kemampuan menggunakan secara produktif. Aku membaca sebuah artikel tentang cara memanfaatkan fb sebagai media berbagi dan media promosi blog aku. Walaupun aku membuat fb dan blog atas bantuan orang lain. Terpenting aku memilikinya dan tujuannya adalah untuk memanfaatkan secara produktif.

Aku mengisi fb dan blog sebagian besar dengan tulisan artikel. Aku menulis artikel di fb dan blog baru hanya dengan artikel belum ada variasinya dengan foto, gambar, video, dsb. Walaupun demikian terpenting aku menulis di fb dan blog untuk melatih kemampuan menulis dan menulis saja. Bukan untuk kepentingan finansial pertama aku menulis. Hanya untuk berlatih kemampuan menulis yang mengalir bebas tanpa kalah oleh kendala rasa malas, takut dan rasa negative lainnya.

Rencana selanjutnya aku menulis ingin dibarengi dengan bisnis online. Sebab bagiku sekarang mencari uang lewat media internet tidak ada yang menyalahkan. Bahkan suatu kemuliaan apabila untuk tujuan ibadah. Hidup ini adalah perjuangan termasuk perjuangan lewat tulisan. Fb dan blog aku ingin jadikan sebagai media yang menghasilkan uang dan pembelajaran hidup. Kata sebagian penulis di internet bahwa aplikasi fb bisa digunakan untuk mengais rizki daripada kita sekedar menuliskan status, memajangkan foto dan membalas komentar. Aku mau membuat fb dan blog sebagai sarana bersenang-senang sekaligus bisa mendapatkan uang atau penghasilan.

Aku dan Anda tentu mau menulis di fb dan blog bukan sekedar untuk bersenang-senang dan hiburan belaka, tetapi bisa menjadikan keduanya sebagai sumber penghasilan yang membuat kita hidup senang, bahagia dan banyak melakukan ibadah serta beramal saleh. Itulah sebabnya mari kita tingkatkan kemauan dan kemampuan menulis di fb dan blog sebagai sarana yang bisa membuat diri kita bahagia di dunia dan akhirat. Penghasilan yang banyak salah satu upaya perbaikan situasi dan kondisi diri sendiri dan orang lain.

Salah sekali banyak uang bukan untuk ibadah dan amal saleh. Dan salah sekali kita beranggapan banyak uang merupakan musibah sebagaimana sebagian pendapat yang sangat picik. Menganggap uang adalah suatu kesalahan. Padahal uang apabila digunakan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain akan menyelamatkan pemiliknya. Itulah sebabnya aku mau memiliki kemampuan memanfaatkan fb dan blog untuk tujuan ibadah dan amal saleh.

Aku mau menjadikan kedua media tersebut yang mampu mendatangkan uang dan uang.
Aku memiliki kemampuan memanfaatkan fb dan blog baru sampai 10 persen dari kemampuan idealnya. Namun biar masih jauh dan usia sudah tua tetap fokus ke tujuan bagaimana fb dan blok aku bisa menghasilkan uang. Lebih baik aku lambat mencapai tujuan tersebut karena kebodohan dan kelemahanku tentang hal itu daripada aku tidak berbuat sama sekali. Insya Allah akan berhasil apabila Allah meridhoi atas upayaku (Menes, 10 November 2012).

0 komentar:

Posting Komentar