Rabu, 20 Juni 2012

MENULIS DIARY DAN JURNAL BAGI GURU

MENULIS DIARY DAN JURNAL BAGI GURU

Oleh: Jajang Suhendi

(Kepala SDN Padahayu 2, Cikedal-Pandeglang)


Menulis merupakan salah satu bagian keterampilan berbahasa yang bersifat menghasilkan (produktif) sesuatu. Sebelum menulis buku dan karya tulis yang sifatnya lebih banyak dan kompleks tentunya bagi guru adalah menulis yang sifatnya sederhana saja.
Seperti menulis diary, jurnal dan artikel sangatlah penting dilakukan oleh guru tersebut.

Yang jelas, baik menulis diary dan terutama jurnal bisa membawa keuntungan yang menarik bagi mereka. Dapat kita perhatikan tentang pentingnya menulis diary atau jurnal, yaitu menulis di jurnal atau diary bisa membantu guru untuk memperjelas masalah yang sedang berusaha dipecahkan.

Rata-rata manusia punya kemampuan yang terbatas dalam menampung banyak pertimbangan, fakta, hingga perasaan secara bersamaan di dalam pikirannya. Apalagi jika pikiran ini terlalu dibebani dengan aktivitas menampung dan mengingat, maka kemampuan seseorang untuk berpikir dengan konsentrasi jadi terbatas.

Menuangkan isi kepala di atas kertas akan membantu kita dalam menganalisa, menemukan detail yang penting, mencari titik lemah dan juga menemukan inspirasi dari masalah yang sedang dihadapi. Sehingga menulis bisa membuat masalah jadi lebih cepat tersolusikan.

Menulis diary/jurnal akan membantu kita mengingat event dan momen pencerahan dalam hidup ini. Orang yang bahagia adalah mereka yang punya banyak sekali momen indah yang terabadikan, entah lewat gambar ataupun tulisan. Tulisan membantu kita mengekalkan momen-momen menyenangkan dan mencerahkan yang seringkali kurang cukup terjabarkan dalam bentuk gambar. Bila kita tidak menuliskannya secara rinci, maka kita bisa kehilangan nuansa dan emosi yang melingkupi setiap serpih dan bongkah pengalaman kita.

Sekedar mengingat pengalaman menyenangkan dalam hidup bisa membuat kita merasa lebih baik. Terkadang rasa pilu memang bisa muncul, tapi kemudian kita sadari bahwa di saat pengalaman buruk sudah lama berlalu, kita jadi lebih mampu menemukan hikmah dari setiap pengalaman itu. Maka hikmah dan pembelajaran itulah yang jadi penuh nilai.
Menulis akan membantu dalam mencurahkan beban pikiran.

Jika sistem operasi windows kehabisan beban pikiran, maka performanya bisa memburuk bukan main. Manusia pun juga bisa seperti itu, beban pikiran berlebih bisa membuat produktivitasnya menurun. Maka menulis di jurnal bisa membantu diri dalam membuang isi beban pikiran berlebih, untuk mendapatkan pelepasan secara emosonal. Jurnal bisa semacam jadi teman

0 komentar:

Posting Komentar