Rabu, 20 Juni 2012

SUKSES MENULIS BUTUH KOMITMEN PADA TUJUAN

SUKSES MENULIS BUTUH KOMITMEN PADA TUJUAN

Oleh: Jajang Suhendi, S.Pd.
(Kepala SDN Padahayu 2, Cikedal-Pandeglang)

Apa yang dimaksud sukses pada judul di atas? Sukses yang saya maksud adalah keberhasilan dalam bidang tulis-menulis bagi seorang guru atau kepala sekolah. Menjadi penulis yang aktif dan produktif lebih utama daripada menulis tanpa makna hal itu. Menulis aktif adalah menulis yang banyak, setiap hari dan malamnya sibuk menulis. tetapi belum mencapai sasaran “menghasilkan “ uang, penghargaan, atau aktualisasi diri penulisnya. Yang banyak menulis sebagaimana banyak membaca selama belum menghasilkan dari apa yang dibaca atau dituliskannya berarti pekerjaan itu belumlah dikatakan produktif.

Menulis produktif berbeda dengan menulis aktif. Para penulis di media massa dan media elektronik menulis banyak tulisan ada yang produktif dan ada yang belum produktif. Yang dikatakan produktif, tulisan itu menghasilkan banyak uang dan penghargaan bagi penulisnya. Bisa dikatakan bahwa menulis produktif itu banyak menulis atau tidak terpenting ada hasilnya. Akan lebih baik kita menulis aktif dan produktif dalam upaya peningkatan hidup dan kehidupan kita. Kedua kegiatan menulis tersebut akan mampu mengubah keadaan seorang penulis dari keadaan terpuruk menjadi keadaan terbaik. Dari keadaan finansial serba kekurangan menjadi orang yang banyak uang dan mendapat pengakuan dari orang banyak.

Kita menulis banyak yang berdasarkan sasaran cita-cita menjadi tulisan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain. Menulis aktif dan produktif idealnya harus disatukan. Menulis produktif harus diawali dengan menulis aktif. Nanti hasilnya banyak tulisan yang berkualitas itulah yang saya maksudkan. Sarana yang digunakan dalam upaya menulis aktif dan produktif adalah buku tulis kecil, pulpen atau media komputer. Namun yang saya rasakan lebih efektif adalah menulis di atas buku tulis yang kecil. Begitu saya mempunyai ide-ide menulis, bisa langsung saya tuliskan tanpa harus membuka laptop atau komputer. Setelah proses menulis dianggap selesai baru saya salin atau saya menyuruh orang lain untuk mengetik apa yang sudah saya tuliskan di buku tulis tersebut.

Setelah saya memiliki kemampuan menulis aktif dan produktif, saya merasa yakin bahwa dengan kemampuan menulis aktif dan produktif tersebut saya bisa sukses dalam bidang kepenulisan. Begitu juga saya bisa sukses di bidang finasial. Ada hubungan timbal balik antara kesuksesan menulis aktif dan produktif dengan kesuksesan di bidang finansial. Sukses menulis tentu akan menghasilakan uang, mengapa? Minimalnya menulis yang bisa diterbitkan di media massa atau media elektronik dalam bentuk artikel dan maksimalnya dalam bentuk buku. Tinggal bagaimana caranya saya untuk bisa keluar sebagai pemenang menjadi penulis yang aktif dan produktif tersebut.

Saya harus pandai-pandai memanfaatkan waktu sebagai peluang mencapai keberhasilan menulis. Menangkap peluang besar untuk banyak membaca buku, majalah, koran, dan materi bacaan di internet. Kemudian saya mengaplikasikannya lewat kegiatan menuliskan apa yang saya baca tersebut. Membaca dan menulis yang banyak sekaligus memiliki kualitas yang tinggi. Sekarang bagaimana cara menulis buku atau artikel yang aktif dan produktif? Untuk menjawab pertanyaan ini tentu saya harus fokus pada penelitian terhadap hasil-hasil penulisan para penulis profesional dan sedikitengalaman saya dalam menulis artikel.

Walaupun baru beberapa kali artikel saya dimuat di majalah bulanan, saya rasanya sudah mendapat pengakuan yang sangat berarti dalam proses kepenulisan buku nanti. Saya yakin, dengan adanya komitmen terhadap latihan menulis tentu akan mendatangkan hasil yang memuaskan.


0 komentar:

Posting Komentar