Rabu, 20 Juni 2012

MENULIS UNTUK MENENTUKAN BAHAN TULISAN

MENULIS UNTUK MENENTUKAN BAHAN TULISAN

Oleh: Jajang Suhendi

Mengapa sebelum kita menulis harus banyak bahan tulisan yang dikumpulkan? Dan bagaimana caranya untuk mengumpulkan bahan-bahan tulisan tersebut? Dengan banyaknya bahan tulisan yang terkumpul dan tentu harus dikuasai sebelum kita menulis akan membuat penulis mampu menulis secara efektif. Langsung kita menulis sesuai sasaran dengan apa yang akan kita tuliskan. Banyak bahan tulisan yang kita dapatkan lewat aktivitas membaca, mencatat, observasi, membuat kliping, dan sebagainya.

Cara mengumpulkan bahan tulisan dalam satu tempat untuk setiap tema atau topik penulisan. Gunakan semacam jurnal. Bahan tulisan itu kita organisasikan dengan rapi supaya mudah dicari apabila diperlukan. Kita harus memastikan bahwa bahan atau data yang kita miliki benar dan akurat, sehingga apa yang kita tulis dapat dipertanggungjawabkan.

Kemudian bahan-bahan tulisan tersebut dibuat outline/kerangka tulisannya. Langkah ini perlu dilakukan, untuk memudahkan kita dalam menjalani proses penulisan. Memang tidak semua penulis melakukan hal ini. Ada yang cukup membuat outline di luar kepala. Namun, terutama sekali bagi kita yang masih pemula, membuat outline akan memudahkan kita untuk membuat tulisan yang runtut. Ide atau tema yang bagus tanpa didukung alur tulisan yang runtut akan membuat tulisan tidak menarik untuk dibaca.

0 komentar:

Posting Komentar