Rabu, 20 Juni 2012

MENULIS UNTUK MENENTUKAN TEMA

MENULIS UNTUK MENENTUKAN TEMA

Oleh: Jajang Suhendi

Menentukan tema. Anda sebaiknya menulis dalam bidang yang Anda kuasai. Anda guru Bahasa Indonesia misalnya, tulislah buku yang berkaitan bidang Bahasa Indonesia. Anda seorang guru SD, tulislah sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran atau pendidikan.

Begitu seterusnya. Keuntungan menulis bidang yang dikuasai, biasanya akan lebih mudah dan menyenangkan untuk melakukannya. Alasannya, setiap hari dia mengeluti masalah pembelajaran atau pendidikan. Kedua hal tersebut merupakan makanan sehari-harinya.

Kita bisa menulis materi di luar bidang profesi, tetapi alangkah lebih baiknya kita menulis menurut bidang prefesi sebelum kita banyak menulis dan menjadi kebiasaan menulis sesuai bidang yang dikuasainya.

Terpenting bukan masalah bisa dan tidaknya kita menulis di luar bidang profesinya, tetapi masalah pertanggungjawaban apa yang dituliskannya. Selama Sepanjang kita bisa mempertanggungjawabkan apa yang ditulisnya, maka sah-sah saja.

Hanya saja, seseorang akan lebih mudah untuk menulis bidang yang dikuasainya daripada bidang yang tidak atau kurang dikuasainya.

0 komentar:

Posting Komentar