Rabu, 20 Juni 2012

MENULIS UNTUK MENGEMBANGKAN KERANGKA TULISAN

MENULIS UNTUK MENGEMBANGKAN KERANGKA TULISAN

Oleh: Jajang Suhendi (Cikedal-Pandeglang)

Kerangka tulisan sangat membantu penulis dalam menuliskan sebuah tema tulisan secara runtut. Dari penentuan tema ke pengembangan tulisan sangat membantu penulis dalam proses penulisan yang lebih efektif dan efisien. Tahapan pengembangan tulisan sebagai tindak lanjut dari pembuatan kerangka karangan.

Rasanya kurang bermanfaat secara optimal menulis kerangka karangan tanpa adanya upaya merealisasikan penulisannya. Kerangka karangan hanya tinggal kerangka karangan saja tanpa adanya proses mengembangkan tulisan dan upaya mempublikasikannya. Alasannya tidak aka nada penerbit yang mau menerbitkan sekedar kerangka karangan saja.

Kesibukan akan mudah dibantu dengan adanya kerangka karangan tersebut. Menulis berdasarkan kerangka karangan bisa ditunda kegiatan menulis apabila ada keperluan lain. Menulis bisa dilakukan secara rutin dengan meluangkan waktu setiap harinya. Awalnya memang akan banyak hambatan, akan tetapi atasilah hambatan itu, sehingga kita bisa menyelesaikan sebuah tulisan. Kemudian tanpa kita sadari, kita akan memiliki kebiasaan menulis dan menikmatinya.

Bentuklah kebiasaan menulis berdasarkan kerangka karangan secara komitmen. Siapa saja yang bisa membentuk kebiasaan menulis? Hanya diri sendirilah yang lebih tahu masalah proses pembentukan kebiasaan menulis.

Memang pertama-tama kita mengalami kesulitan untuk membentuk kebiasaan menulis. terpenting kita punya tekad bulat untuk membiasakan diri untuk menulis. lebih mudahnya menulis berdasarkan kerangka karangan. Dengan bermodalkan tekad bulat dalam menulis kita akan dapat menikmati dunia kepenulisan di tengah-tengah kesibukan.

0 komentar:

Posting Komentar