Sabtu, 03 November 2012

KREATIFLAH

ngerumpi.com/blog/2012/07/kreatiflah.htm

Anda pernah dengar yang namanya pamali ? bukan Pak Malih pelawak betawi itu.......yang saya maksud adalah larangan mbah-mbah kita pada hal-hal tertentu. Saya ga bahas pamali sih, cuma mau bahas tentang bagaimana kreatifnya mbah-mbah kita dulu. Dalam menyampaikan hal-hal yang kurang sesuai dilakukan dengan bijaksana. Disesuaikan dengan pola pikir waktu itu. Dan itu biasanya dilabeli pamali, memaksa kita untuk memahami dan memikirkan lagi kenapa mesti tidak boleh dilakukan.

Bicara tentang kreatifitas, setiap orang mempunyai kemampuan itu. Hanya porsinya berbeda tiap orang. Beberapa pemikir menghasilkan karya-karya besar justru waktu dipenjara. Itu bukti kreatifitas seseorang tidak pernah terhalang oleh apa pun.

Sekali waktu, saat berinteraksi dengan nelayan di daerah Sumatera dan Kalimantan. Mereka kesulitan mendapatkan BBM untuk perahu motornya. Entah bagaimana caranya mereka mengganti BBM dengan gas 3 kilogram. Memodifikasinya sendiri, padahal mereka bukan lulusan STM atau pun sarjana teknik mesin. Toh mereka bisa, justru kondisi kesulitan memaksa kita berpikir secara kreatif. Menemukan solusi dengan cara mereka sendiri, dan ...berhasil.

Mungkin saat ini kita sedang mengalami banyak kesulitan. Kondisi-kondisi yang menghalangi kita. Saat itu coba berpikir dari sisi yang berbeda. Pasti kita akan menemukan jalan keluarnya.

Sebagai mana pesan seorang sahabat saya,” Saat semua pintu tertutup, masih ada jendela. Dan kalau perlu.......kita bisa bobol temboknya.”

Nah...........tahukah sekarang siapa sahabat saya? Jadi berpikirlah kreatif, pasti ada jalan.

0 komentar:

Posting Komentar