Jumat, 04 Oktober 2013

ARAH BARU


Apakah Anda mempunyai motivasi untuk berubah ke arah yang lebih baik sama dengan saya? Apakah Anda sepakat dengan pendapat saya bahwa mengubah diri ke arah yang lebih baik dan positif itu sangat menguntungkan bagi pengembangan diri, kualitas diri, dan perubahan diri secara menyeluruh, sehingga kita hidup lebih bermakna lagi? Jawaban Anda adalah yang lebih baik dan positif tentunya sama seperti saya, pasti! Apabila jawabannya malah sebaliknya, di dalam diri Anda ada masalah harus diperhatikan agar tidak kebamblasan.
Di dalam hidup ini kita harus mempunyai arah dan tujuan yang lebih baik dan positif,bukan sebaliknya mau jadi orang yang tidak mempunyai arah dan tujuan yang pasti. Bagaikan kapal yang mengarungi lautan tanpa arah dan tujuan jelas. Hidup ini kita harus punya tujuan jelas dan pasti. Yang saya gunakan mencapai arah dan tujuan dengan alat pertanyaan. Pertanyaan berpedoman pada arah jarum jam yang bergerak dari arah kiri ke kanan. Dalam arti perbaikan arah dari hal negatif ke positif, dari lemah ke kuat, dari miskin ke kaya, dari rendah ke tinggi, dari malas ke semangat, dan pada intinya perubahan ke arah yang lebih baik. Sesuai dengan prinsip hidup bahwa hidup itu berkembang atau bertumbuh.
Bidang apa saja Anda mau berubah? Bagaimana proses perubahannya? Mengapa Anda mau berubah bukan diam di tempat? Anda dan saya tentu sepakat mau berubah untuk segala bidang kehidupan. Prosesnya yang sesuai dengan tingkat kemampuan, situasi, dan kondisi kita. Tentu kita tidak mau tinggal diam seperti orang-orang yang tidak berdaya saja. Kita sepakat untuk mau berubah daripada tinggal diam. Diam itu kematian dalam arti yang lebih luas. Diam tidak mau berkarya atau berupaya yang maksimal, diam statis tidak mau mengadakan perubahan yang berarti. Bukan itu yang kita inginkan agar hidup lebih baik. Sudah saya alami kurang memperhatikan pada prinsip perkembangan atau pertumbuhan kondisi badan saya, jiwa saya, dan kepribadian saya tidak optimal.
Apakah kita bisa menciptakan jasmani, rohani atau mental dan emosional kita yang sehat hanya dengan mengajukan pertanyaan semacam ini? Anda dan saya yakin bahwa dengan mulai dari dala diri terus mengembang ke luar diri kita menciptan mentalitas pembangunan setiap hari dengan daya dorong pertanyaan-pertanyaan semacam ini. Para filosof dengan berbagai pertanyaan mendasar yang diajukannya mereka mampu menjadi ahli di bidang filsafat yang sampai saat ini buah karyanya masih dipakai. Dalam hidup kesendirian maupun hidup dalam hubungannya dengan orang banyak. Bahkan hasilnya dapat menciptakan orang-orang bijak yang sangat sesuai dengan sikap mental para pemimpin besar tingkat dunia. Jelas di sini bahwa dengan membiasakan hidup banyak bertanya tentang hakikat hidup dan diri kita, maka akan jelas kita mampu menjadi manusia yang benar-benar baru.
Pertanyaan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan cara berpikir baru dalam mencapai pemahaman pada suatu hal. Isi bacaan, apa yang kita simak, isi dialog, dan upaya belajar dan aktivitas dengan menggunakan pertanyaan. Isi paragraf yang kit abaca dengan langsung kit abaca akan berbeda dampak dan kesannya dengan cara berdasarkan pertanyaan. Dampak dan kesan membaca berdasarkan pertanyaan lebih efektif. Dalam waktu yang relatif singkat kita akan mampu mendapatkan isi bacaan yang begitu banyak dan bermanfaat langsung dengan apa yang kita inginkan. Lebih hemat dalam tenaga dan pemikiran dalam upaya belajar, bekerja, dan beraktivitas lainnya. Itulah uniknya membaca, menyimak, dan memperhatkan sesuatu berdasarkan pertanyaan.

0 komentar:

Posting Komentar