Minggu, 06 Oktober 2013

MEMBACA EFEKTIF

Guru Sekolah TK, Guru SD, dan semua guru harus berbeda cara membacanya dengan para siswa atau kalangan lain di bidang keguruan. Mengapa? Saya menganggap bahwa guru adalah salah satu kaum intelektual yang profesinya tidak bisa dipisahkan dari kegiatan membaca dan menulis. Di dalam kurikulum ada pelajaran membaca. Saya merasa yakin apabila guru cerdas atau memiliki kemampuan membaca melebihi para siswanya akan berhasillah pembelajarannya di sekolah.

Membaca efektiflah yang harus para guru miliki, bukan membaca sembarang membaca. Harus bisa dibedakan antara kemampuan guru dalam membacanya dengan kemampuan membaca para siswanya. Bila tidak ada perbedaan tentu saya rasa proses pembelajaran membaca khususnya dan umumnya tidak akan optimal. Percayalah sobat, maka mulai saat ini dalam upaya membaca harus Anda tingkatkan.

Sebelum membiasakan membaca efektif tentu Anda semua harus suka dulu membaca. Memiki banyak bahan bacaan dan sering dibacanya. Sambil membaca secara biasa terus mengupayakan Anda membaca defektif. Sambil banyak membaca tentang materi membaca efektif tersebut, Anda membaca, membaca, dan membaca.

Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar tujuannya adalah agar para siswa terampil berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan. Namun mereka tidak serta-merta terampil berbahasa kalau tanpa terlebih dahulu para gurunya terampil berbahasa tersebut....

0 komentar:

Posting Komentar