Jumat, 04 Oktober 2013

MANFAAT MEMBACA


Kasih sayang orang tua terkadang salah kaprah, apa yang anak inginkan dituruti tanpa memperhatikan manfaat di hari –hari berikutnya. Anak ingin baju baru dan mahal bagi orang tua yang berpenghasilan besar memang mudah. Pada saat itu memang tidak langsung dirasakan akibatnya, tetapi setelah waktu lama akan mudah dirasakan.
Prestasi belajar anak lemah karena mereka tidak fokus pada belajar. Salah satu cara agar anak memiliki prestasi belajar yang tinggi adalah orang tua memberi contoh membaca kepada anak dengan membuat situasi dan kondisi di rumah kondusif untuk melakukan kegiatan membaca.
Kepada anak-anak diberi tahu tentang manfaat dari membaca itu. Ada tujuh manfaat membaca bagi anak, apabila kita perhatikan akan mengalami perubahan pada pretasi belajar mereka. Ketujuh manfaat membaca yang akan kita bahas, sebagai berikut:
Sebagai guru harus bisa menemukan perbedaan antara anak yang berpengalaman luas dengan anak yang kurang berpengalaman dalam hal membaca. Sangat berbeda sekali keadaan anak yang banyak membaca, terutama membaca baca buku-buku tentang materi pelajaran yang sedang diajarkan gurunya.
Apabila kita sebagai guru kurang berpengalaman bagaimana cara menghadapi anak semacam itu, kita akan kewalahan. Anak-anak yang lain dalam mengerjakan soal merasa keberatan sampai-sampai waktu istirahat tiba belum bisa menyelesaikannya. Semenrara anak yang biasa membaca, dalam waktu setengah jam saja sudah bisa menyelesaikan soal-soal itu.
Ternyata anak semacam itu sekarang waktu di perkuliahannya menjadi mahasiswa terbaik, bahkan ada yang sudah menjadi doktor (S.3) dan ada yang menjadi penulis muda sekaligus menjadi pembicara di depan para pejabat. Sungguh benar pendapat yang mengatakan bahwa membaca sangat mempengaruhi keadaan siswa, mahasiswa, guru dan pembelajar pada umumnya dalam menghadapi berbagai soal dan tugasnya.
Tidak hanya bagi siswa dan mahasiswa saja menfaat membaca dapat dirasakan, maka bagi guru juga sangat besar manfaatnya. Dalam mempersiapkan materi pembelajaran atau dalam mengikuti materi perkuliahan, peran membaca dapat kita rasakan. Membaca akan memperluas ilmu pengetahuan dan pengalaman guru sebagai pengajar, pendidik, dan mahasiswa. Tentu perannya sebagai guru dan mahasiswa akan menjadi yang terbaik dalam prestasi.
Mereka tidak akan kehabisan bagaimana menjawab soal-soal atau mengembangkan materi pembelajaran yang akan disampaikannya. Dapat kita rasakan sewaktu kita sedang mengikuti perkuliahan dan sedang ujian misalnya, soal-soal essai dijawab dengan jawabannya seperti uraian artikel atau makalah saja. Terkadang hasil dari jawaban itu mencapai nilai A, bisa saja para dosen tidak membaca jawaban semuanya, karena jawabannya panjang dan benar dari nomor satu saja sudah diprediksi jawaban selanjutnya benar.
Itulah manfaat membaca bisa memperluas pengalaman anak, guru atau siapa saja yang suka belajar dan bekerja dengan sebaik-baiknya. Apalagi kalau kegiatan membaca itu dipadukan dengan kegiatan menulis akan lebih lengkap. Apa yang kita tulis itulah yang kita baca, sebaliknya apa yang kita baca untuk kita tuliskan dengan sungguh-sungguh banyak makna yang dikandungnya. Apa yang kita baca akan menjadi ilmu milik kita yang bisa digunakan kapan dan di mana saja.
Peristiwa membaca dan menulis yang dilakukan secara bersamaan akan banyak makna dan manfaatnya. Materi membaca akan selalu bertambah dari waktu ke waktu. Mengenai tema yang sama akan berkembang ketika kita membaca lagi dari buku yang berbeda. Setiap saat materi yang kita baca akan selalu berkembang sebagaimana kita membaca lagi tentang tema yang sama pula. Apalagi kalau materi yang kita baca dihubungkan dengan tema yang berbeda.
Oleh karena itu peran menulis sangat diperlukan sebagai tindak lanjut dari membaca. Bahan apersepsi yang telah kita miliki dari hasil membaca waktu yang lalu bisa dihubungkan dengan bahan baru yang sedang dibacanya. Tulisan kita akan selalu diperbaharui dengan kegiatan membaca. Apalagi membaca yang dilakukan secara terus-menerus. Untuk keterangan lebih lanjut dapat kita baca dalam buku Mengikat Makna Update karya Pak Hernowo. Di sanalah wawasan membaca kita akan bertambah.
Sebagai guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya mengajar dan mendidik para siswa agar mampu menjadikan siswa yang mampu dan biasa membaca. Dengan kemampuan menerapkan kemampuan dan kebiasaan membaca kepada para siswa, diharapkan para siswa mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi.

0 komentar:

Posting Komentar