Selasa, 29 Mei 2012

MENGUTAMAKAN PENCAPAIAN SASARAN ORGANISASI
(Jajang Suhendi, Cikedal-Pandeglang)

Sekolah termasuk salah satu organisasi seperti tim olah raga yang profesional. Tujuan sebuah tim olah raga adalah kemenangan dalam setiap pertandingan. Memang itu tujuan yang sebenarnya tim tesebut, adapun kata-kata tujuan pertandingan sebagai persahabatan adalah keharusan bagi setiap orang yang merasa hidup itu suatu berkah. Untuk bisa menang dalam pertandingan suatu tim harus memiliki keunggulan. Begitu juga suatu organisasi bisnis atau organisasi profesi apabila ingin menang dalam mencapai tujuannya, maka keseluruhan unsur organisasi tersebut harus kompak dalam satu sasaran yang tepat. Semua unsur menuju satu arah dalam mencapai tujuan.
Suatu tim sepak bola tujuannya agar menang setiap bertanding, organisasi bisnis tujuannya agar mendapatkan keuntungan yang besar atau kecil, dan organisasi profesi tujuannya agar mencapai prestasi setiap anggotanya dalam bidang yang dijadikan sasarannya. Organisasi berbeda dengan organisasi bisnis. Organisasi profesi adanya kecenderungan misi ibadah, sebab isi tujuannya adalah prestasi para anggotanya. Para anggota mampu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dan tepat sasaran. Terlebih organisasi sekolah, mempunyai tukuan agar para siswa mampu menjadi sumber daya manusia yang berdaya dan berkualitas. Menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Allah, memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, kecerdasan kinestik, kecerdasan finansial, dan kecerdasan spiritual yang tinggi. Ada landasan ibadah dan amal kebaikan dalam pencapaian tujuan organisasi sekolah.
Sekolah mempunyai peran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang mampu bersaing dalam kebaikan di antara sesama sekolah di dalam satu kecamatan, satu kabupaten, satu propinsi, dan satu negara. Bahkan, sekarang bukan lagi bersaing di dalam satu negara, tetapi bersaing di dalam dunia internasional. Sekarang sudah membentuk dunia dalam satu ikatan yang padu dengan istilah globalisasi. Siapa tahu lama-kelamaan belajar juga tidak perlu lagi ada ruangan kelas. Suatu alternatif belajar di masa mendatang tidak memerlukan lagi batas ruang kelas. Belajar bisa berlangsung di rumah, di kamar tidur, di depan rumah, di jalan, dan di mana saja atau pada waktu kapan saja.
Namun pada hakikatnya sama bahwa belajar pada saat ini maupun pada saat dunia semakin maju, dengan sarana dan prasarana yang serba canggih, tujuannya sama agar para peserta didik selamat di dunia dan selamat di akhiratnya. Tujuan yang sangat kompleks, tidak hanya tercapainya hal yang bersifat materi, tetapi berhasil dalam bentuk mentalitas para peserta didik. Dengan demikian, faktor materi atau duniawi bukanlah motif yang paling utama. Namun bukan berarti faktor duniawi dilupakan atau kurang penting. Prinsipnya seperti kita memanan padi(akhirat), maka rumput(dunia) juga ikut tumbuh.
Berbeda dengan apabila kita memanam rumput tidak akan tumbuh padi. Hal itu memberi pelajaran kepada kita bahwa apabila kita mengejar dunia sudah pasti urusan akhirat dilupakan, Apabila kita mengejar akhirat dengan sebenar-benarnya, maka urusan dunia akan ikut terbawa. Sasaran pencapaian sekolah adalah memperoleh hasil urusan dunia tanpa melupakan urusan akhiratnya. Para siswa memiliki kualitas kepribadian yang sesuai dengan apa yang diharapkan sekolah tersebut. Sebenarnya banyak teori dan ayat Al-Qur’an yang menyatakan betapa pentingnya urusan dunia dan akhirat kita capai.
Firman Allah bisa kita jadikan dasar falsafah hidup, seperti “ Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Q.S. 28: 78) Dan sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW, yaitu “ Beribadahlah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok, dan bekerjalah untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selama-lamanya.”
Sasaran pencapaian pendidikan suatu sekolah memperhatikan urusan dunia dan akhirat. Para siswa bisa sukses di dunia dan sukses di akhirat yang tidak bisa dipisahkan. Sukses di dunia tidak sekedar banyak harta kekayaan, ilmu pengetahuan yang tinggi, tetapi ada yang paling penting adalah hidup di dunia bisa memakmurkan bumi ini. Kita menyelaraskan kepribadian peserta didik dan kita sebagai pendidinya yang dalam urusan dunia dan urusan akhiratnya. Tubuh terus bekerja, otak terus berpikir, tetapi pada saat yang sama hati kita terus berdzikir untuk mengingat Allah.
Kita menentukan apakah segala sikap yang kita pilih sudah mencerminkan akhlak dari sikap orang yang beriman atau belum. Apakah tindakan kita merugikan diri kita dan orang lain atau tidak. Apakah usaha kita merusak alam dan lingkungannya, atau apakah sikap kita terhadap orang lain itu adil atau tidak? Dengan pertimbangan semacam itu, semua tindakan kita bukan mengacu pada tujuan-tujuan jangka pendek, keuntungan-keuntungan sesaat saja. Apa yang kita lakukan harus bisa kita pertanggung jawabkan di akhirat kelak. Mau tidak mau hal itu harus menjadi bahan pertimbangan hidup, suatu organisasi atau perorangan dalam mencapai suatu tujuan atau sasaran.




0 komentar:

Posting Komentar