Selasa, 29 Mei 2012

PENGUASAAN KOSA KATA MELALUI MEMBACA
(Jajang Suhendi, Cikedal-Pandeglang)

Sebagaimana badan kita apabila ingin sehat tentu kita harus makanan yang bergizi, berolah raga, dan hidup teratur. Pikiran dan perasaan kita juga harus selalu positif dengan upaya menambah wawasan ilmu pengetahuan, informasi, dan pengalaman melalui membaca. Kita akan menguasai berbagai ragam kosa kata dengan banyak membaca tidak mengenal lelah, komitmen pada keyakinan bahwa dengan membaca kehidupan kita akan terangkat.
Membaca identik dengan menuntut ilmu sebagai mana yang diperintahkan agama Islam. Menuntut ilmu dari mulai kita dilahirkan sampai meninggal dunia diwajibkan bagi umat Islam. Apa yang menurut agama kita wajib harus kita laksanakan dengan penuh kedisiplinan, karena di balik apa yang diperintahkan Allah akan mengandung hikmah yang bukan main-main manfaatnya.
Sebelum kita membahas lebih lanjut ilmu pengetahuan lebih luas lagi, maka kita terlebih dahulu mengenal tentang kosa kata setiap apa yang kita baca. Banyak dan tidaknya kosa kata apa yang kita miliki adalah tergantung dari banyak dan tidaknya kita membaca dan menguasai bahan bacaan. Juga tergantung pada kualitas dan tidaknya bahan bacaan yang dibacanya.
Oleh karena itu alangkah baiknya kita mulai saat ini banyak memiliki bahan-bahan bacaan dengan kualitas yang memadai. Kemudian kita biasa dan mampu membacanya dengan penuh kesungguhan. Dari pada banyak barang-barang mewah di rumah, lebih baik banyak buku atau bahan bacaan yang memenuhi kualitas. Awali dahulu di dalam hati ada perasaan cinta pada buku-buku dan bahan bacaan lainnya, kemudian cinta untuk membaca dan mengembangkannya lewat menulis apa yang telah dibacanya.
Artikel ini tujuannya agar pembaca memiliki perbendaharan kosa kata yang memadai dalam menanggapi berbagai tugas dan kewajiban di bidang ilmu yang dikuasainya. Dengan banyak kosa kata yang kita kuasai, maka kita akan lebih mengetahui tentang ilmu pengetahuan dan informasi yang pada saat ini sangat dibutuhkan. Dapat kita saksikan bahwa orang yang lebih banyak menguasai kosa kata yang banyak lebih unggul dari pada orang yang tidak menguasainya.
Orang yang banyak menguasai kosa kata lebih berperan aktif pada zaman informasi dan komunikasi ini. Rasanya hidupnya lebih efektif dari pada orang lain pada umumnya. Setiap kegiatan membaca, maka para pembaca akan selalu bertambah kosa kata yang dimiliki. Minimal setiap kali kita membaca buku atau artikel ada saja satu atau lebih kata-kata yang dibacanya, maka dalam waktu satu bulan akan bertambah banyak.
Dalam berbicara secara lisan atau tulisan bagi orang yang rajin membaca buku-buku dan bahan bacaan lainnya, mereka akan kaya dengan kosa kata. Jauh berbeda pembicaraan dan tulisan orang-orang yang kaya akan kosa kata dengan orang lain pada umumnya. Walaupun banyak apa yang dikatakan secara lisan atau tulisan orang yang tidak biasa membaca, tetap materi pembicaraannya berputar-putar di sekitar ruang lingkup yang sangat terbatas.
Kita tidak melihat apakah orang itu sarjana atau bukan, terpenting hasil apa yang dimilikinya itu bisa diketahui dari pembicaraannya. Tidak kita bisa dibohongi bahwa orang malas membaca ilmu kebahasaan dan ilmu lainnya akan terbatas. Apabila pendidikan disampaikan oleh para guru yang malas membaca akan terjadi pendidikan yang kering dengan makna. Banyak membaca akan banyak kosa kata yang kita miliki dan akan banyak pula wawasan dan pengalaman yang dimilikinya.
Manfaat banyaknya kosa kata yang kita miliki, maka kita akan lancar dalam proses belajar bagi siswa, maha siswa, dan para pembelajar pada umumnya. Bagi para guru akan lancar dalam pelaksanaan mengajar atau mendidiknya. Kosa kata yang kita miliki bisa berfungsi sebagai bahan apersepsi yang akan memperlancar proses belajar mengajar. Dapat kita perhatikan sewaktu pelaksanaan proses pembelajaran, apabila para siswanya rajin-rajin membaca akan lancar dan aktif, karena kosa kata yang dimiliki siswa tersebut banyak membantu pemahaman.
Marilah kita semua, apakah itu guru, siswa, orang tua atau siapa saja yang berniat ingin menjadi pembelajar dan pekerja yang baik, maka kita harus banyak membaca untuk mendapatkan kosa kata yang mengandung makna kehidupan. Semoga kita selalu menjadi penuntut ilmu sebagaimana yang diperintahkan Allah di dalam Al-Quran. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar