Jumat, 24 Agustus 2012

10 CONTOH BAHWA MENULIS ITU MUDAH

rudicahyo.com/...menulis/10-contoh-bahwa-menulis-itu-mu...Bagikan

Siapa bilang menulis itu susah. Kita cuma butuh terbuka terhadap realita dan tidak membatasi diri untuk menulis apa saja. Karena itu, ayo mulai menulis!


Sumber Gambar: achmad354.blogspot.com

Pada tulisan ini aku tidak akan berbicara tentang teori atau cara bagaimana menulis. Tulisan tentang ‘menulis’ sudah sering aku buat, baik di rudicahyo.com maupun mosaic-learning.blogspot.com, baik yang bersifat motivational maupun yang secara praktis menunjukkan bagaimana belajar menulis dan melakukan.

Coba tengok saja tulisan berjudul Aku Menulis, Maka Aku Ada. Sebuah tulisan yang memberi motivasi untuk menulis apa saja, dimanapun dan kapanpun. Begitu juga dengan #menulis-nya @rudicahyo dan #Primadona-nya #sherinamunaf yang dipublikasikan lewat kompasiana. Tulisan itu bercerita tentang kisahku dalam dunia tulis menulis, dibandingkan dengan kisahnya Sherina dalam dunia nyanyi menyanyi . Tulisan yang memotivasi lainnya adalah Manajemen Ge-Er dalam Menulis dan 5 Setan Penciptaan Ide untuk Membuat Cerita. Diperkuat lagi dengan tulisan Ingin Menulis secara Asik? Untuk lebih menguatkan, mengidentifikasi diri sebagai penulis, ada tulisan berjudul Kamu Masuk Golongan Penulis yang Mana? Enam tulisan tersebut dibuat untuk mencintai menulis.

Tulisan yang bersifat ‘how to’ adalah Membuat Cerita Itu Sulit? Ayo Kita Sederhanakan! Tulisan ini membantu kita semua untuk membuat cerita dengan cara yang lebih mudah. Untuk yang suka membuat cerita mini atau fiksi singkat, tulisan Ingin Membuat Cerita Mini yang Menarik? Cobalah Berpikir secara Spasial. Dan yang berikutnya adalah 4 Langkah Sederhana Menulis Cerita.

Tulisan yang menunjukkan aplikasi menulis yang telah aku lakukan diantaranya Workshop “Menulis Kreatif” dan Workshop Pengembangan Diri dengan Menulis Life Story.

Tulisan itu tidak harus dari ide yang luar biasa dan menggunakan analisa mendalam serta memenuhi tata aturan yang kaku. Agar kita bisa saling menginspirasi, maka akan aku pilihkan beberapa tulisan dengan sedikit review tentang apa dan bagaimana tulisan itu bisa terjadi. Semacam behind the scene lah.



1. Cerita Drokosia di Kehidupan Kita

Tulisan ini adalah kisah atau cerita imajinatif. Sebuah dongeng tentang dua orang pilihan utusan dewa untuk mengawasi dan membimbing manusia. Dua utusan tersebut punya cara yang berbeda dalam berhubungan dengan manusia. Salah satu utusan lebih disukai daripada yang lainnya. Ternyata kisah ini mewariskan sikap dan perilaku tertentu sampai sekarang. Penasaran dengan ceritanya? Simak saja Cerita Drokosia.

Tulisan ini dibuat pada saat menjadi tim pengawas independen untuk ujian nasional di Lamongan. Mengamati gaya para pengawas sangat menyenangkan. Ada pengawas yang cenderung berusaha menyenangkan tuan rumah atau SMA tempat ia melakukan pengawasan. Ada juga pengawas yang cenderung keras dan disiplin untuk berbagai pelanggaran. Dan pengawas lainnya lebih memilih mengamati dan tidak bertindak berlebihan. Model-model pengawas itulah yang memunculkan ide untuk mendramatisasinya menjadi sebuah tulisan.

Tulisan ini diposkan di mosaic-learning.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar