Jumat, 31 Agustus 2012

BAGAIMANAKAH CARANYA MENJADI GURU KAYA?

Sumber: wijayalabs.com/tag/guru-kaya/ Pertanyaan dari judul di atas itulah yang saya bahas tuntas dalam seminar nasional edupreneurship yang dilaksanakan oleh BEM FPMIPA IKIP PGRI Semarang hari ini, Sabtu, 26 Juni 2010 di gedung Auditorium IKIP PGRI Semarang Lantai 7 dari pukul 11 s.d. 13.00 wib. Mulanya saya agak ragu juga untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam seminar nasional ini, tetapi ada tantangan tersendiri bila saya sanggup untuk menyampaikan materi itu dengan baik. Alhamdulillh, berkat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas semalaman, saya menemukan ide kreatif dalam menyampaikan materi itu kepada para mahasiswa yang berjumlah 200 orang di bagian registrasi. Namun setelah saya cek langsung, hanya sekitar 80 orang mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini dan mengikuti seminar sampai dengan selesai. Seperti biasanya, saya memulai materi dengan perkenalan diri terlebih dahulu, baru kemudian saya masuk ke materi. Saya tak akan langsung memberikan materi bila kondisi audiensi atau peserta belum saya kuasai. Oleh karena itu saya selalu memulainya dengan wajah tersenyum ala mat solar dan berusaha untuk melucu. Dengan begitu, suasana akan cair dan saya pun bisa masuk materi edupreneurship dengan suasana yang menyenangkan. Bila anda menjadi seorang pebicara, baik seminar atau workshop, perhatikan dulu audien anda dengan baik. Bila sudah terjadi interaksi yang positif dan akan bakal terjadi dialog, maka mulailah masuk dalam topik yang akan disampaikan. Dalam materi edupreneurship, saya memulainya dengan sebuah pernyataan bahwa untuk menjadi kaya di usia muda, maka kita harus kreatif . Begitupula bila ingin menjadi seorang guru yang kaya. Guru itu harus menjadi guru kreatif. Dengan menjadi guru kreatif, maka akan banyak inovasi dan kreativitas yang mampu dikembangkan menjadi sesuatu yang menghasilkan. Ada produk yang dapat dibanggakan dan diakui hasilnya oleh khalayak ramai. Untuk lebih lengkapnya, apa saja yang telah saya sampaikan dalam seminar itu, anda dapat mengunduhnya di sini. Salam Blogger Persahabatan Omjay

0 komentar:

Posting Komentar