Sabtu, 18 Agustus 2012

Menulis dengan Hati Bersih dan Pikiran Jernih
OPINI | 06 August 2012 | 22:25 Dibaca: 22 Komentar: 0 1 dari 1 Kompasianer menilai bermanfaat
Menulis dengan hati bersih dan pikiran yang jernih merupakan syarat mutlak untuk menghasilkan tulisan yang santun, nyaman dibaca dan memiliki netralitas dalam tulisan serta lebih obyektif dalam memandang sebuah permasalahan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah tulisan mencerminkan kepribadian seseorang dan merupakan salah satu bentuk aktualisasi diri yang tertuang di dalam tulisan.
Berfikir jernih dalam menulis sangat mempengaruhi obyektifitas. Obyektifitas diperlukan dalam sebuah tulisan untuk menghasilkan gagasan maupun ide yang berlian, fokus dan bebas dari pengaruh siapapun baik pengaruh kepentingan politik, maupun kepentingan tertentu yang akan membentuk opini publik untuk sebuah kepentingan tertentu.
Sebagai penulis sosial media marilah kita jaga obyektifitas sebuah tulisan melalui ketulusan hati dan kejernihan dalam berfikir dengan sebuah harapan bahwa tulisan yang dihasilkan akan dapat mendorong terciptanya kehidupan yang lebih baik.
Hal tersebut sebagai respon terhadap perilaku media yang pemiliknya merupakan aktivis politik maka jika dicermati media yang dimilikinya dijadikan kendaraan politik untuk membentuk opini publik.
Ketidakseimbangan informasi yang dihasilkan oleh media yang memiliki kepentingan politik akan membodohi masyarakat, menyesatkan atau bahkan cenderung menggiring masyarakat kepada opini yang dibentuk oleh Media tersebut untuk kepentingan politik dari media tersebut.
Sebagai masyarakat yang cerdas, kitapun dituntut untuk dapat memilah dan memilih mana informasi yang benar dan fakta dan mana informasi yang diberikan sepotong-potong maupun informasi yang dikondisikan untuk sebuah kepentingan tertentu.
Tidak ada tulisan yang bermanfaat, tidak ada informasi yang berguna selain tulisan yang ditulis dengan menggunakan hati yang bersih, fikiran yang jernih, obyektif dan berlian dengan tujuan yang mulia untuk menghasilan sebuah informasi yang mampu merubah sebuah kehidupan menjadi lebih baik, semoga …

0 komentar:

Posting Komentar