Jumat, 21 September 2012

PEMBELAJARAN ATAU PELAJARAN YANG BENAR?


Kata “pembelajaran” berbeda dengan kata “pelajaran” yang secara sepintas maknanya sama padahal berbeda. Kata “pembelajaran” terdiri dari kata dasar “belajar” dan imbuhan “pe-an.” Artinya kata dasarnya kata kerja yang sedang belajar yaitu murid, siswa, anak didik, peserta didik atau mahasiswa. Sasaran dari kata tersebut adalah siswa. Jadi yang harus aktif dalam hal ini adalah siswa bukan guru.

Proses pembelajaran yang aktif bukan guru. Setiap indicator atau tujuan pembelajaran harus sesuai dengan siswa. Bukan sasaran utamanya guru yang harus lebih berhasil. Salah sekali apabila gurulah yang mendominasi kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Namun sebenarnya antara guru dan siswa harus aktif melakukan upaya belajar atau mengajar (termasuk mendidik).

Sedangkan kata “pelajaran” maknanya lain dengan kata “pembelajaran.” Kata dasar “ajar” dan imbuhan “pe-an.” Yang sasarannya bukan siswa tetapi guru yang mengajar. Apabila guru selesai mengajar sesuai dengan program, maka program tersebut dikatakan berhasil. Walaupun siswa belum mencapai target minimal lulus.

Jadi jelas sekali sekarang istilah “pembelajaran” harus diberlakukan dalam konteks kata “jadwal pembelajaran, proses pembelajaran, dan semacamnya.” Bukan kata “jadwal pelajaran atau kegiatan belajar mengajar.” Kata-kata tersebut sudah tidak sesuai dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang tercantum dalam program pembelajaran.

1 komentar:

Ezekiel mengatakan...

keren bang

Posting Komentar